Kamis, 07 Desember 2017

Perjanjian Kerahasiaan Sebelum Pitching ke Investor

Berapa banyak dari kita mengalami kejadian ini: mengungkapkan sebuah rahasia dengan wanti-wanti “Jangan bilang siapa-siapa ya?” ternyata keesokan harinya berita itu sudah menyebar atau diketahui pihak lain. Rasanya nyesel banget cerita sama dia. Tapi nasi sudah jadi bubur, kisah yang sebenarnya rahasia sudah jadi buah bibir.

Hal yang begitu pribadi dan tidak seharusnya dikonsumsi khalayak ramai, selalu kita jaga. Sama halnya dengan strategi, proyeksi dan target, kondisi keuangan, kelemahan bisnis kita. Hal-hal tersebut merupakan rahasia perusahaan yang sebaiknya dijaga.

Lalu bagaimana jika kita bertujuan untuk mempresentasikannya karena bermaksud menarik minat investor? Di sinilah perlunya Perjanjian Kerahasiaan atau Non Disclosure Agreement (NDA). Dalam NDA, dapat diatur informasi yang diungkapkan oleh satu pihak digolongkan sebagai informasi rahasia dan karenanya pihak penerima menjamin terjaganya rahasia dari pihak ketiga dan dipergunakan hanya untuk kepentingan para pihak sehubungan dengan apa yang tengah berlangsung diantara mereka.

NDA tidak terbatas waktu. Artinya informasi akan terus menjadi rahasia dan mengikat para pihak, sekalipun perjanjian kerja sama (atau perjanjian lain) di antara para pihak telah putus atau berakhir.

NDA sendiri juga sebetulnya melindungi pihak penerima informasi. Karena di dalam NDA dapat dibatasi hal-hal apa yang dianggap sebagai informasi umum yang tidak menyebabkan kewajiban apapun bagi pihak penerima, dan prosedur apa yang dapat ditempuh jika informasi rahasia terpaksa mengungkapkan informasi rahasia yang diterimanya akibat suatu tindakan hukum.

Bagaimana membuat NDA yang melindungi kepentingan pengungkap maupun penerima informasi rahasia?
Sekarang sudah ada sebuah website di bidang hukum yang menyediakan jasa pembuatan dan peninjauan surat-surat perjanjian/ kontrak untuk Anda.

www.kontrakhukum.com, your one stop legal documents services.
Anda dapat memilih kebutuhan kontrak, jenis perjanjian, bahasa, sekaligus melakukan pembayaran lewat website ini. 

Kunjungi www.kontrakhukum.com, Anda akan mendapatkan username dan password untuk bisa membuka dashboard pribadi Anda! Lewat kontrakhukum.com Anda serasa memiliki lawyer pribadi untuk kebutuhan surat-surat perjanjian (bisnis) Anda.


Rieke Caroline, SH, MKn.
Founder & CEO KontrakHukum.co

PT Teras Perjanjian Digital
Jl. Raden Saleh Raya No. 46A, Cikini, Menteng
Jakarta Pusat, Indonesia
Telephone: 0858.858.10545 (WA)
0822.692.67828

Twitter: @KontrakHukum
FB: fb.com/KontrakHukum
IG: KontrakHukum

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Perlindungan Hak Kekayaan Intelektual Atas Desain Interior

Interior Design  menurut  International Interior Design Association (IIDA)  adalah sebagai berikut. Interior design is a multi...