Minggu, 22 April 2018

Izin Mendirikan Usaha Food Truck



Jasa makanan dan minuman merupakan salah satu usaha pariwisata sebagaimana diatur dalam Peraturan Menteri Pariwisata Nomor 18 Tahun 2016 tentang Pendaftaran Usaha Pariwisata (“Permen Pariwisata 18/2016”), yang meliputi jenis usaha: restoran; rumah makan; bar/rumah minum; kafe; jasa boga; dan pusat penjualan makanan. Gubernur, Bupati/Walikota dapat menetapkan jenis usaha dan subjenis usaha lainnya untuk setiap bidang usaha pariwisata sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.
Dalam Permen Pariwisata 18/2016 tidak disebutkan secara eksplisit mengenai gerai atau toko makanan yang dijual dalam kendaraan seperti food truck. Namun, kami berpandangan bahwa gerai atau toko makanan yang dijual dalam kendaraan seperti food truck termasuk kategori usaha pariwisata jasa makanan dan minuman dengan memperhatikan peraturan daerah yang berlaku.
Nah sebagai contoh untuk wilayah DKI Jakarta, kegiatan usaha food truck merupakan kategori Restoran Bergerak yang telah diatur secara khusus dalam Peraturan Gubernur DKI Jakarta Nomor 133 Tahun 2012 tentang Pendaftaran Usaha Pariwisata (“Pergub DKI Jakarta 133/2012”) dan Peraturan Gubernur DKI Jakarta Nomor 13 Tahun 2017 tentang Restoran Bergerak (“Pergub DKI Jakarta 13/2017”). Pasal 1 angka 11 Pergub DKI Jakarta 13/2017 memberikan definisi Restoran Bergerak sebagai berikut:
"Restoran Bergerak adalah fasilitas penyedia makanan dan/atau minuman dengan dipungut bayaran yang menggunakan kendaraan bermotor khusus sebagai tempat usaha dan dilakukan secara berpindah-pindah lokasi."
Kriteria Restoran Bergerak meliputi beroda empat atau lebih; memenuhi persyaratan teknis dan laik jalan serta mendapatkan tanda uji kendaraan bermotor dari instansi yang berwenang; memiliki ruang tempat usaha yang nyaman dan terpisah dari ruang pengemudi; memiliki sistem navigasi kendaraan dengan menggunakan teknologi Global Positioning System (GPS); Fasilitas deteksi kebakaran dan alat api; dan Fasilitas dasar.
Restoran Bergerak ini dilakukan oleh Badan Usaha berbadan hukum yang memiliki Tanda Daftar Restoran Bergerak (“TDRB”) dari Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu. TDRB adalah dokumen resmi yang dikeluarkan oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta yang membuktikan bahwa usaha Restoran Bergerak yang dilakukan pengusaha Restoran Bergerak telah tercantum di dalam Daftar Usaha Restoran Bergerak.
Yang dimaksud dengan badan usaha berbadan hukum adalah badan usaha yang memiliki karakteristik pemisahan harta kekayaan antara pemilik dan kekayaan badan usaha tersebut, sehingga pemilik hanya memiliki tanggungjawab sebatas harta yang dimilikinya.
Untuk memperoleh TDRB diajukan ke permohonan tertulis kepada Gubernur up. Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (Kepala DPMPTSP) dengan menyediakan persyaratan sebagai berikut:
A. Persyaratan dasar;
B.surat pernyataan di atas kertas bermeterai Rp 6  ribu dari pimpinan badan usaha yang menyatakan bahwa :
1.kesanggupan menjaga kebersihan lokasi usaha dan lingkungan sekitar;
2.kesanggupan menjaga ketertiban dan keamanan di lokasi usaha;
3.kesanggupan menjaga kebersihan, kesehatan, kelayakan bahan baku, peralatan dan prasarana yang digunakan untuk memproduksi, mendistribusikan dan menyajikan makanan dan/atau minuman;
4.kesanggupan menyimpan kendaraan Restoran Bergerak pada lokasi yang aman dan tidak mengganggu lingkungan sekitar; dan
5.kesanggupan menggunakan sistem navigasi kendaraan dengan menggunakan teknologi Global Positioning System (GPS) yang terpasang pada kendaraan yang digunakan sebagai Restoran Bergerak.
C.fotokopi dokumen kepemilikan Kendaraan Bermotor Khusus berupa Bukti Pemilikan Kendaraan Bermotor (BPKB), Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) dan Surat Tanda Uji Kendaraan (STUK) atas Kendaraan Bermotor Khusus yang digunakan sebagai tempat usaha;
D.daftar nama pengemudi beserta fotokopi Surat Izin Mengemudi (SIM);
E.proposal rencana usaha Restoran Bergerak sekurang-kurangnya berisi :
1.rencana pengelolaan usaha;
2.foto berwarna dari Kendaraan Bermotor Khusus yang digunakan sebagai tempat usaha dalam ukuran 4R dari tampak depan, kiri dan kanan serta dalam kendaraan Restoran Bergerak;
3.persetujuan tertulis dari pengelola atau pemilik lokasi tempat Restoran Bergerak beroperasi;
4.denah rute dan titik lokasi pemberhentian yang direncanakan menjadi tempat operasi Restoran Bergerak;
5.jenis makanan/minuman yang dijual (daftar menu);
6.segmentasi pasar dan keunikan usaha;
7.sumber daya manusia yang mengoperasikan Restoran Bergerak;
8.daftar fasilitas dan peralatan yang dipergunakan dalam pengolahan makanan/minuman, penyimpanan air bersih, penyimpanan dan pengelolaan sampah/air kotor; dan
9.daftar fasilitas penanggulangan kebakaran.
F.fotokopi sertifikat laik sehat bagi Restoran Bergerak jenis A; dan
G.fotokopi bukti pembayaran pajak reklame, bagi Restoran Bergerak yang memasang stiker reklame pada kendaraannya.
Persyaratan TDRB (Mobile Restaurant / Food Truck) lebih lanjut, Anda dapat juga melihat di laman Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu DKI Jakarta.
Nah kalau anda ingin hemat waktu dan tenaga dalam mengurus pendaftaran badan usaha anda ini, bisa tinggal klik dan konsultasikan dengan kami di www.kontrakhukum.com untuk jasa pendampingan kebutuhan hukum badan usaha anda secara online. Praktis, aman dan nyaman! 

Salam hangat,
Dwinta, S. H.
www.kontrakhukum.com
PT Teras Perjanjian Digital
Jl. Raden Saleh Raya No. 46A, Cikini, Menteng
Jakarta Pusat, Indonesia
email: info@kontrakhukum.com
Telephone:
0858.858.10545 (WA)
0822.692.67828

Twitter  : @kontrakhukum
FB  : fb.com/kontrakhukum
IG  : kontrakhukum
Linkedin : PT. Teras Perjanjian Digital

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mengenal Lebih Jauh Tentang Paten

Pasal 1 ayat (1) Undang-Undang No 14 Tahun 2001 tentang Paten menyatakan bahwa yang dimaksud dengan Paten adalah “hak eksklusif yang diberi...